Menangani Komputer yang terinfeksi Virus,Worm,Trojan dan lainnya

Jika suatu ketika Komputer agan-agan terkena Virus,Worm,Trojan dan lainnya,jangan panik dahulu apalagi langsung Instal Ulang, karena yang namanya Instal Ulang itu lama dan ribet jika sudah terlalu banyak program yang sudah di instal,

Berikut saya mencoba memberi solusi ketika Komputer agan terinfeksi Virus,Worm,Trojan dsb.

1. Kenali dahulu
    ketika komputer terinfeksi virus,pasti antivirus atau aplikasi security lainnya      memberitahu nama virus yang terdeteksi. Jika terdeteksi dengan nama VIRUT, SALITY, CONFICKER, PARITE,MABEZAT dan virus-virus canggih lainnya bisa di atasi dengan Remover Khusus seperti Sality Killer, rmparite, rmvirut dan sebagainya atau gunakan AntiVirus yang ter-update dan bisa mengenali virus tersebut dengan baik.

1.a Jika terkena Virus baru atau varian baru,misalnya terdeteksi dengan nama generic, gen, heur dan lainnya ada baiknya meng-upload sample ke vendor antivirus yang agan pakai,atau upload ke VirusTotal.com.

Backup file-file penting anda dengan WinZIP/RAR dengan password walaupun terinfeksi,jika nanti vendor antivirus sudah berhasil membuat penawarnya maka file tersebut pasti bisa di bersihkan.

2. Basmi Tuntas Dengan AntiVirus
    banyak yang mengeluh komputer kembali terinfeksi ketika sudah dilakukan scanning,karena pembersihan virus tidak tuntas,oleh karena itu lakukan Full Scanning ( All drives,memory,registry) dan scan flashdisk jika perlu. Pada virus tertentu harus menonaktifkan system restore, dan melakukan scanning saat boot time,lakukan lah dan tunggu sampai benar-benar selesai. Scan ulang secara menyeluruh jika diperlukan.

1 comments:

solder uap mengatakan...

kalau sudah terkena virus trojan yang perlu diperhatikan, terimakasih min artikelnya sangat bermanfaat.
solder uap

Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentarnya , untuk membangun Blog ini.